Selasa, 08 September 2015

Pekan 4 Pengembangan Koleksi

Materi
Koleksi Perpustakaan Sekolah hendaknya;
  1. Menopang hasrat keingintahuan anak
  2. Dapat membina imajinasi anak (jangan terlalu sempit dan terlalu luas)
  3. Memberikan/menimbulkan inisiatif para siswa, guru, dan masyarakat
  4. Mengandung segi-segi yang kreatif (menghubungkan hal-hal yang sebelumnya belum berhubungan, misal ada spidol dan papan tulis, keduanya adalah objek yang berdiri sendiri. Kreatif adalah menghubungkan papan tulis dengan spidol yang dapat menghasilkan tulisan/gambar yang eksotis)
  5. Menjadi sumber keterampilan dan kecerdasan.
  6. Berisi unsur-unsur estetika yang cukup tinggi.
Interaksi Koleksi Perpustakaan


Tugas
Mencari daftar judul koleksi yang berkaitan dengan mata pelajaran yang disukai!
  1. Agita : Teknologi Informasi dan Komunikasi (SMK)
  2. Anang : Komputer dan Jaringan (SMK)
  3. Dhany : Bahasa Indonesia (SMA)
  4. Dyan : Geografi (SMA)
  5. Floriana : Bahasa Indonesia (SMP)
  6. Hady : Sejarah (SMA)
  7. Krisna : Sosiologi (SMP)
  8. Nur Afidah : Seni Budaya (SMP)
  9. Ratna : Manajemen Pengelolaan Rapat (SMK)
  10. Reza : Bahasa Indonesia (SD)
  11. Rizka : Matematika (SMA)
  12. Shafira : Pendidikan Agama (SMA)
  13. Umi : Sejarah (SMP)
  14. Wisnu : Pendidikan Jasmani, Olehraga dan Kesehatan (SMA)

Daftar judul yang harus dicari meliputi :
  1. Buku teks
  2. Majalah
  3. Koran
  4. Buku referensi
  5. Kondisi daerah / muatan lokal (PTK, Karya Siswa, Karya Guru)
  6. Bacaan Hiburan
  7. Audio/Video Material
  8. Bacaan tambahan
  9. Pamflet
Contoh pengerjaan,
Agita Bramantie
Teknologi Informasi dan Komunikasi (SMK)
1. Buku teks
  • TIK SMA Kelas 9 / Budi Hartono, Jakarta: Lintang Kejora, 2015
  • TIK SMA Kelas 10 / Agus Supardi, Jakarta: Lintang Kemukus Press, 2015
2. Majalah
  • Komputer Media Edisi 101/ Toni, Surakarta: Digitech, 2017
3. Dst.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar