Minggu, 27 September 2015

Kelompok Satu Presentasi Kewirausahaaan @Riska



BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Kewirausahaan (Entrepreneurship) adalah proses mengidentifikasi, mengembangkan, dan membawa visi ke dalam kehidupan. Visi tersebut bisa berupa ide inovatif, peluang, cara yang lebih baik dalam menjalankan sesuatu. Hasil akhir dari proses tersebut adalah penciptaan usaha baru yang dibentuk pada kondisi risiko atau ketidakpastian. Wirausaha merupakan suatu proses atau cara untuk melakukan suatu usaha yang bertujuan untuk mendapatkan hasil atau keuntungan yang diharapkan dengan memproduksi, menjual atau menyewakan suatu produk barang atau jasa.
Dalam menjalankan suatu usaha, seorang pelaku usaha harus memiliki keterampilan, kemampuan, kemauan, modal, dan tempat berwirausaha. Salah satu implementasi atau hasil nyata dari wirausaha tersebut adalah Nestlé. Nestlé merupakan produsen makanan terkemuka di dunia yang memasok lebih dari 10 juta produk makanan ke pasaran setiap tahunnya. “Good Food, Good Life‟ merupakan slogan Nestlé yang menggambarkan komitmen. Nestlé sebagai produsen makanan yang peduli akan kesehatan umat manusia dengan menghasilkan makanan yang sehat, bermutu, aman, berkualitas, bergizi, dan menyenangkan untuk dikonsumsi demi mewujudkan kehidupan yang lebih baik.
      Pada makalah ini akan dibahas lebih jauh tentang sejarah perkembangan Nestle di Indonesia, profil perusahaan Nestle Indonesia, produk yang dihasilkan Nestle, serta kerja sama yang dilakukan.




1.2  Rumusan Masalah
1.      Bagaimana sejarah dan perkembangan perusahaan Nestlé di Indonesia?
2.      Bagaimana profil perusahaan Nestlé di Indonesia?
3.      Apa produk yang dihasilkan Nestlé?
4.      Bagaimana bentuk kerjasama perusahaan Nestlé di Indonesia?
1.3  Tujuan
1.      Mengetahui sejarah dan perkembangan perusahaan Nestlé di Indonesia
2.      Mengetahui profil perusahaan Nestlé di Indonesia
3.      Mengetahui produk yang dihasilkan Nestlé
4.      Mengetahui bentuk kerjasama perusahaan Nestlé di Indonesia






















BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Sejarah dan Perkembangan Perusahaan Nestlé di Indonesia
Description: https://www.nestle.co.id/asset-library/PublishingImages/Samples/sejarahnestle.jpg
Gambar 2.1 Henry Nestlé
 Nestle adalah sebuah perusahaan makanan-minuman yang bermarkas di kota Vevey, Swiss. Merasa prihatin dengan tingginya angka mortalitas bayi di akhir abad 19 di Swiss. Henry Nestle, seorang ahli kimia Jerman berhasil menciptakan makanan pendamping bagi bayi yang tidak mendapat cukup ASI. “Farine Lactee” berhasil menyelamatkan banyak jiwa bayi pada saat itu dan Nestlé pun mendapatkan kepercayaan masyarakat. Henri Nestle kemudian memanfaatkan nama keluarganya menjadi logo perusahaannya. Dalam dialek Jerman Swiss, Nestlé berarti sarang burung kecil (little nest). Logo itu menjadi lambang rasa aman, kasih sayang, kekeluargaan dan tradisi. Perusahaan Nestle didirikan tahun 1866 yang terus mengembangkan produk-produknya dan kemudian menjadi pelopor beberapa produk seperti susu kental di Eropa tahun 1905, susu coklat tahun 1929, kopi instan tahun 1938 dan lain-lain Nestlé Indonesia adalah anak perusahaan Nestlé S.A., yang berpusat di Vevey, Swiss, dan telah beroperasi selama hampir 150 tahun. Sebagai perusahaan gizi, kesehatan dan keafiatan terkemuka di dunia, Nestlé mulai beroperasi di Indonesia tahun 1971. Nestlé Indonesia kini mempekerjakan lebih dari 3.300 karyawan dan mengoperasikan 4 pabrik yaitu Pabrik Kejayan di Jawa Timur untuk mengolah produk susu seperti Dancow dan Bear Brand, Pabrik Panjang di Lampung untuk mengolah kopi instan Nescafe, Pabrik Cikupa di Banten untuk memproduksi produk kembang gula Fox’s, Polo, Kit-Kat dan Crunch, serta Pabrik Karawang di Jawa Barat untuk memproduksi Dancow, Milo dan Cerelac.
Masyarakat Indonesia sudah mengenal Nestlé sejak akhir abad ke-19 lewat produk “Tjap Nona” (Cap Nona) yang sempat dikenal dengan nama “Milk Maid”.
Pada tahun 1910 pemasaran produk Nestlé dilakukan oleh cabang Nestlé di Singapura. Produk-produk Nestlé begitu mendominasi pasaran susu kental manis di Indonesia sehingga para konsumen mengidentifikasi semua jenis susu sebagai “Tjap Nona”.
Pada tahun 1930 Nestlé memiliki pangsa pasar terbesar di Indonesia untuk jenis produk susu. Kuatnya tim pemasaran yang terjun ke desa-desa serta aktifnya upaya Nestlé menjaga mutu, dengan mengganti kaleng-kaleng tua di toko-toko dan warung-warung dengan produk baru, merebut kepercayaan dan kesetiaan para konsumen.
Keberhasilan Nestlé di Indonesia disebabkan oleh produk yang bermutu tinggi yang diminati oleh para konsumen dan didukung oleh jaringan distribusi yang efisien dan staf penjualan dan sistem manajemen yang profesional.

·        Pada Tahun 1873-1999

Produk-produk impor Nestlé secara lebih lengkap mulai tersedia di Indonesia sejak tahun 1873 lewat pemasaran dari cabang Nestlé di Singapura. Karena permintaan konsumen Indonesia yang semakin meningkat, maka Nestlé secara resmi memulai berusaha di Indonesia pada tahun 1971 atas nama PT Food Specialities Indonesia. Untuk menunjang usaha di Indonesia, maka pabrik pengolahan susu di Waru, Jawa Timur mulai beroperasi pada tahun 1972. Sejalan dengan beroperasinya Pabrik Pengolahan Pabrik Waru, Nestlé Indonesia mulai memberikan bantuan teknis kepada masyarakat sekelilingnya terutama kepada para peternak sapi.

Pada tahun 1979, pabrik pengolahan kopi didirikan di Panjang, Lampung sebagai pabrik kedua Nestlé di Indonesia untuk menghasilkan kopi NESCAFÉ. Atas permintaan konsumen yang semakin meningkat, maka pada tahun 1988 Pabrik Kejayan di Pasuruan, Jawa Timur mulai beroperasi, menghasilkan produk susu dengan kapasitas yang lebih besar dan menggantikan Pabrik Waru yang ditutup.

Setelah sukses membuka dan mengoperasikan  pabrik di Lampung dan Jawa Timur maka pada tahun 1990 Pabrik Cikupa mulai beroperasi, menghasilkan kembang gula (confectionery) yaitu POLO dan FOX'S.


Description: https://www.nestle.co.id/asset-library/PublishingImages/Samples/kejayan_sejarah.JPG

2000-2009

Pada tahun 2000 PT Food Specialities Indonesia, Nestlé Confectionary Indonesia & Supmi Sakti merger ke dalam Nestlé Indonesia. Merger tersebut dianggap sukses sehingga pada tahun 2001 Nestlé Beverages Indonesia dan Nestlé Distribution Indonesia turut bergabung dengan Nestlé Indonesia.

Description: https://www.nestle.co.id/asset-library/PublishingImages/Samples/Malang-4-021.jpg

2010-sekarang

Melihat potensi pasar di Indonesia yang semakin baik maka pada tahun 2010 Pabrik Kejayan diekspansi, dan menjadi salah satu dari 10 pabrik terbesar Nestlé di dunia. Saat ini, Pabrik Kejayan menyerap 700.000 liter susu segar setiap hari dari 33.000 peternak susu di Jawa Timur. Setelah sukses membuka dan mengoperasikan pabrik pengolahan susu, pengolahan kopi dan pengolahan kembang gula, pada 2013 pabrik ke-empat akan dibuka untuk memproduksi MILO, DANCOW dan bubur bayi Nestlé CERELAC.
Tabel 1. Sejarah singkat PT Nestlé di Indonesia
Waktu
Perkembangan
Abad 19
Produk Nestlé Milkmaid dikenal sebagai “Tjap Nona‟
29 Maret 1971
Berdirinya PT  Food Specialties Indonesia
1972
Berdirinya Pabrik Waru, Jawa Timur
1973
Pabrik Waru mulai beroperasi dengan menghasilkan produk susu
12 April 1978
Berdirinya PT Indofood Jaya Raya yang kemudian berganti nama menjadi PT Nestlé Beverages Indonesia
1979
Berdirinya Pabrik Panjang, Lamp ung yang menghasilkan produk – produk kopi
1988
Berdirinya Pabrik Kejayan, Jawa Timur yang menghasilkan produk – produk susu bubuk
1990
Berdirinya Pabrik Cikupa, Tangerang yang menghasilkan produk – produk confectionery.
1993
Perubahan nama PT Food Specialties menjadi PT Nestlé Indonesia
1995
Pengakusisian PT Supmi Sakti yang memproduksi mie instant dengan pabrik yang berlokasi di Telaga.
1998
PT Sumber Pangan Segar dan PT Rola Perdana ditunjuk sebagai distributor utama PT Nestlé Indonesia. Selanjutnya ke dua perusahaan ini bergabung dan berganti nama menjadi PT Nestlé Distribution Indonesia yang merupakan distributor tunggal.
2001
Penggabungan perusahaan – perusahaan yang tergabung dalam Grup PT Nestlé Indonesia menjadi satu badan hukum PT Nestlé Indonesia.
2002
Pengintregasiaan Pabrik Waru dengan Pabrik Kejayan
2005
Pembentukan joint venture dengan PT Indofood Sukses Makmur, TBK dengan nama perusahaan PT Nestlé Indofood Citarasa Indonesia

Moto Nestlé "Good Food, Good Life" menggambarkan komitmen Nestlé untuk senantiasa memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk menghasilkan produk-produk yang memenuhi kebutuhan dasar manusia, yaitu makanan dan minuman yang berkualitas, bergizi, aman untuk dikonsumsi, serta lezat rasanya.
2.2 Profil Perusahaan Nestlé Indonesia
PT Nestlé Indonesia merupakan badan usaha Perseroan Terbatas (PT) yang merupakan bentuk perusahaan untuk menjalankan perusahaan yang mempunyai modal usaha terbagi atas  saham-saham. Anggotanya memiliki hak suara penuh dalam rapat anggota, sehingga pemegang saham atau anggota turut menentukan jalannya perusahaan tersebut.
        Struktur organisasi yang berlaku di PT Nestlé Indonesia meliputi dua bagian, yaitu struktur organisasi di kantor pusat dan struktur organisasi di setiap pabrik.  
a.       Visi dan Misi
PT Nestlé Indonesia, sebagai salah satu produsen makanan terbesar di Indonesia memiliki misi untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang lebih sehat. Selain itu, visi dari PT Nestlé Indonesia adalah:
1.              Meraih kepercayaan konsumen, dan menjadi perusahaan makanan dan nutrisi yang terkemuka serta terpandang di Indonesia.
2.               Menjamin keuntungan dan kelangsungan pertumbuhan jangka panjang dengan modal yang efisien bagi perusahaan, melalui pelayanan yang mampu meningkatkan kualitas kehidupan konsumen.
3.              Menjadi pemimpin pangsa pasar atau posisi no. 2 yang kuat di setiap kategori
Selain visi dan misi, PT Nestlé Indonesia juga menetapkan motto perusahaan mereka, yaitu “Passion for Our Consumers”.  Melalui motto ini, PT Nestlé Indonesia selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik bagi konsumennya. Berdasarkan hal ini pula, PT Nestlé Indonesia menerapkan beberapa kebijakan Kualitas dan Kebijakan Keselamatan dan Kesehatan Lingkungan.
·        Kebijakan Kualitas meliputi :
1. Produk dan jasa tidak pernah mengabaikan faktor keamanan pangan
2. Selalu mematuhi peraturan yang berlaku
3. Zero waste dan zero defect
4. Berkomitmen secara terus menerus untuk meningkatkan standar kualitas
·        Kebijakan Keselamatan, Kesehatan, dan Lingkungan meliputi :
1.      Karyawan dan mitra bisnis adalah alat yang paling berharga
2.      Menerapkan praktek bisnis yang ramah lingkungan (mencegah pencemaran lingkungan)
3.      Mematuhi semua peraturan di bidang lingkungan dan K3
4.      Menihilkan kecelakaan kerja dan keluhan masyarakat
5.      Perbaikan secara terus menerus di bidang lingkungan dan PT Nestlé
Indonesia selalu menerapkan nilai-nilai yang selama ini menjadi landasan bagi perusahaan dan seluruh karyawan, nilai-nilai tersebut dikenal dengan istilah “PRIDE”, yang merupakan singkatan dari Passion (Semangat), Respect (menghormati), Integrity (Integritas), Determination (Gigih), dan Excellence (Unggul).
b.      Tujuan
Tujuan Nestle adalah berkeinginan kuat untuk memberikan produk-produk yang sehat bagi masyarakat luas di seluruh dunia sehingga orang-orang di seluruh dunia dapat terjamin kesehatan nya dengan hadir nya produk-produk Nestle yang terjamin kualitasnya. Selain itu Nestle mempunyai tujuan seperti kebanyakan perusahaan lainnya yaitu ingin dapat bersaing dengan perusahaan lainnya dengan persaingan yang sehat dan dapat menguasai pasar dunia.

c.       Lokasi Perusahaan
PT Nestlé Indonesia berkantor pusat di Wisma Nestlé, Perkantoran Hijau Arkadia, Menara B, Lantai 5 Jl. TB Simatupang Kav 88, Jakarta 12520, Indonesia.Saat ini, PT Nestlé Indonesia mempunyai 3 pabrik untuk menunjang proses produksi, yaitu:
1.      Pabrik Kejayan, didirikan pada tanggal 2 Juni 1988
Lokasi: Desa Kejayan, Pasuruan – Jawa Timur
Hasil Produksi: Susu bubuk, susu kental manis dan susu sterilisasi
2.      Pabrik Panjang, didirikan pada tahun 1979
Lokasi: Desa Seampok, Panjang –Lampung
Hasil Produksi: Kopi bubuk dan kopi bubuk instan
3.       Pabrik Cikupa, didirikan pada bulan Oktober 1990
Lokasi: Desa Bitung Jaya, Cikupa –Tangerang
Hasil Produksi: Permen, minuman serbuk teh instan, choco snack
2.3 Produk Perusahaan Nestlé Description: F:\NESTLE\produk nestle.png
Gambar 2.3 Produk Perusahaan Nestlé
            Pada gambar diatas, terlihat jelas bahwa  perusahaan Nestlé memiliki produk yang beranekaragam dengan kualitas yang tinggi. Tentunya produk Nestlé itu sendiri telah diolah dengan menyatukan semua sumber R&D ( Research and Development) sehingga Nestlé mampu memberikan solusi makanan berkualitas tinggi dan aman untuk semua konsumen di seluruh dunia – baik dalam gizi, kesehatan, dan keafiatan, nutrisi, kesehatan, kebaikan, rasa, tekstur atau kenyamanan. Selain itu, Nestlé memberikan produk-produk berkualitas terbaik bagi konsumen serta jaminan keamanan.
            Adapun produk Nestlé dibedakan menjadi beberapa kategori yaitu kembang gula, coklat, dan snek, kopi, minuman, nutrisi anak dan keluarga, makanan pendamping ASI, sereal sarapan, produk kuliner, minuman siap minum dan nutrisi kesehatan. Masing-masing produk memiliki jenis-jenis makanan yang berbeda, antara lain:
1.      Kembang gula, coklat dan snek
Description: C:\Users\Public\Pictures\NESTLE\kembang gula.pngGambar 2.3.1 Produk kembang gula, coklat dan snek
Pada gambar diatas, merupakan produk kembang gula, coklat dan snek. Produk kembang gula yang terkenal di Indonesia adalah permen “FOXS”. Hal tersebut sudah terlihat jelas dari segi kemasan dan cita rasa permen itu sendiri. PT. Nestle Indonesia yang berfokus pada penghasilan kembang gula dan coklat terletak di kota Tangerang, Banten.
2.       Kopi
Description: https://www.nestle.co.id/asset-library/PublishingImages/Produk/Kopi/kopi.jpg
Gambar 2.3.2 Produk Nestle kopi
Salah satu produk kopi dan minuman Nestle yang terkenal di Indonesia adalah kopi dengan jenis “NESCAFE”. Untuk produksi kopi sendiri terletak di kota Lampung, Panjang Factory. Seperti yang kita ketahui bahwa komoditi kopi terbaik adalah salah satunya di kota Lampung. Nescafe itu sendiri memiliki banyak varian dengan jargon yang handal untuk memikat para penikmat kopi yaitu:
Description: https://www.nestle.co.id/asset-library/PublishingImages/Produk/Kopi/nescafe_classic_thumb.jpg

Description: https://www.nestle.co.id/asset-library/PublishingImages/Produk/Kopi/nescafe_3in1_thumb.jpg
NESCAFÉ 3 in 1 – Perpaduan biji kopi terbaik, gula , dan krimer yang disempurnakan dalam serbuk kopi instan.
Description: https://www.nestle.co.id/asset-library/PublishingImages/Produk/Kopi/nescafe_tubruk_thumb.jpg
NESCAFÉ Kopi Susu Tubruk – Kopi khas Indonesia yang lebih lembut, lebih halus, lebih terasa.
Description: https://www.nestle.co.id/asset-library/PublishingImages/Produk/Kopi/nescafe_mochachino_thumb.jpg

Description: https://www.nestle.co.id/asset-library/PublishingImages/Produk/Kopi/nescafe_capuccino_thumb.jpg

Description: https://www.nestle.co.id/asset-library/PublishingImages/Produk/Kopi/nescafe_gold_thumb.jpg

Description: https://www.nestle.co.id/asset-library/PublishingImages/Produk/Kopi/nescafe_ice_thumb.jpg
NESCAFÉ Ice – Dibuat dari kopi, gula, dan krimer menghasilkan rasa kopi yang nikmat saat dinikmati dingin.
Description: https://www.nestle.co.id/asset-library/PublishingImages/Produk/Kopi/coffee_mate_thumb.jpg

Description: https://www.nestle.co.id/asset-library/PublishingImages/Produk/Kopi/nescafe_menu_thumb.jpg

3.      Minuman
Description: C:\Users\Public\Pictures\NESTLE\minuman.png
Gambar 2.3.3  Produk minuman Nestle
Jika dilihat dari produk minuman diatas, produk yang lebih laris dipasaran adalah produk MILO daripada NESTEA.
4.      Nutrisi anak dan keluarga
Description: https://www.nestle.co.id/asset-library/PublishingImages/Produk/NutrisiAnakKeluarga/dancow1_thumb.jpg
Description: https://www.nestle.co.id/asset-library/PublishingImages/Produk/NutrisiAnakKeluarga/Batita_thumb.jpg
Description: https://www.nestle.co.id/asset-library/PublishingImages/Produk/NutrisiAnakKeluarga/Datita_thumb.jpg
Description: https://www.nestle.co.id/asset-library/PublishingImages/Produk/NutrisiAnakKeluarga/dancow_nutrigold_thumb.jpg
Description: https://www.nestle.co.id/asset-library/PublishingImages/Produk/NutrisiAnakKeluarga/dancow_enriched_thumb2.jpg
Description: https://www.nestle.co.id/asset-library/PublishingImages/Produk/NutrisiAnakKeluarga/dancow_actigo_thumb.jpg
Description: https://www.nestle.co.id/asset-library/PublishingImages/Produk/NutrisiAnakKeluarga/dancow_fullcream_thumb.jpg
Description: https://www.nestle.co.id/asset-library/PublishingImages/Produk/NutrisiAnakKeluarga/ideal_thumb.jpg
Description: https://www.nestle.co.id/asset-library/PublishingImages/Produk/NutrisiAnakKeluarga/kalsium_plus_thumb.jpg
Tabel 2.3.4 Produk nutrisi anak dan remaja
Dalam bidang ini, adalah salah satu sumber profit terbesar perusahaan Nestle. Hampir mencapai 40% dari seluruh jenis produk yang dihasilkan, adalah susu. Untuk produksi susu sendiri, Nestle mencari lokasi di Pasuruan, Jawa Timur, Kejayan Factory. Karena petani susu terbaik dan terbesar terletak di kota tersebut. Produk susu “DANCOW” pun menjadi pilihan sebagian besar masyarakat Indonesia, dibandingkan dengan produk susu lainnya.
5.      Makanan pendamping ASI
Description: https://www.nestle.co.id/asset-library/PublishingImages/Produk/MakananPendampingASI/Logo%20Cerelac%202011-ss.jpg Description: https://www.nestle.co.id/asset-library/PublishingImages/Produk/MakananPendampingASI/makanan-pendamping-asi.jpg
WHO merekomendasikan pemberian ASI eksklusif hingga bayi berusia 6 bulan. Nestlé sepenuhnya mendukung rekomendasi ini untuk tetap memberikan ASI setelah memperkenalkan makanan pendamping ASI seperti yang disarankan oleh tenaga kesehatan. Makanan pendamping yang dibuat oleh Nestle adalah CERELAC.
6.      Sereal sarapan
Description: https://www.nestle.co.id/asset-library/PublishingImages/Produk/SerealSarapan/nestle-fitnesse-thumb.jpg
Description: https://www.nestle.co.id/asset-library/PublishingImages/Produk/SerealSarapan/nestle-corn-flakes-thumb.jpg
Description: https://www.nestle.co.id/asset-library/PublishingImages/Produk/SerealSarapan/nestle-honey-stars-thumb.jpg
Description: https://www.nestle.co.id/asset-library/PublishingImages/Produk/SerealSarapan/nestle-honey-gold-thumb.jpg
Description: https://www.nestle.co.id/asset-library/PublishingImages/Produk/SerealSarapan/koko-krunch-thumb.jpg
Description: https://www.nestle.co.id/asset-library/PublishingImages/Produk/SerealSarapan/milo_sereal_thumb.jpg
Description: https://www.nestle.co.id/asset-library/PublishingImages/Produk/SerealSarapan/cookie-crisp-thumb.jpg

Tabel 2.3.6 Produk sereal sarapan
Produk Nestle sereal sarapan memiliki berbagai macam jenis. Namun, Nestle KOKO KRUNCH adalah salah satu produk makanan nestle yang mendapat perhatian besar konsumen Indonesia. Meskipun demikian, produk-produk sereal nestle masih laku keras di pangsa pasar jika dibandingkan dengan brand-brand lainnya.
7.      Produk kuliner
Description: https://www.nestle.co.id/asset-library/PublishingImages/Produk/ProdukKuliner/carnation_thumb.jpg
Description: https://www.nestle.co.id/asset-library/PublishingImages/Produk/ProdukKuliner/capnona_thumb.jpg
Tabel 2.3.7 Produk kuliner
Dua produk Nestle diatas, merupakan krimer kental manis yang sering digunakan para konsumen untuk menambah kelezatan hidangan istimewa. Mulai dari kopi hingga puding,Carnation dan Cap Nona melengkapi kesempurnaan cita rasa hidangan.
8.      Minuman siap minum
Description: https://www.nestle.co.id/asset-library/PublishingImages/Produk/MinumanSiapMinum/milo-thumb.jpgMilo UHT dan Can
Description: https://www.nestle.co.id/asset-library/PublishingImages/Produk/MinumanSiapMinum/nescafe_thumb.jpgNescafe UHT dan Can
Description: https://www.nestle.co.id/asset-library/PublishingImages/Produk/MinumanSiapMinum/LOGO%20BEAR%20BRAND%20small.jpg
Tabel 2.3.8 Produk minuman siap minum
Nestlé menghadirkan berbagai minuman siap minum yang sehat, bernutrisi, serta meningkatkan vitalitas dan menyegarkan, yang bisa dinikmati dalam segala suasana. Nestlé dikemas dengan praktis dan higienis sehingga lebih praktis dalam menikmatinya.
Minuman susu kaleng Milo adalah salah satu produk minuman siap minum nestle yang juga sudah mendapat perhatian masyarakat. Selain itu, Bear Brand yang terkemas dalam satuan kaleng juga kini telah menjadi produk andalan nestle.
9.      Nutrisi kesehatan
Description: https://www.nestle.co.id/asset-library/PublishingImages/Produk/NutrisiKesehatan/nutren-splash.jpg
Gambar 2.3.9 Produk nutrisi kesehatan
Nestlé menawarkan produk untuk mendukung segala kebutuhan bidang kesehatan dengan berbagai produk yang menawarkan solusi nutrisi lengkap untuk masyarakat yang memiliki penyakit, maupun penuaan yang terkait kebutuhan gizi.
Description: https://www.nestle.co.id/asset-library/PublishingImages/Produk/NutrisiKesehatan/diabetes_thumb.jpg
Description: https://www.nestle.co.id/asset-library/PublishingImages/Produk/NutrisiKesehatan/optimum_thumb.jpg
Description: https://www.nestle.co.id/asset-library/PublishingImages/Produk/NutrisiKesehatan/fibre_thumb.jpg
Description: https://www.nestle.co.id/asset-library/PublishingImages/Produk/NutrisiKesehatan/junior_thumb.jpg
Description: https://www.nestle.co.id/asset-library/PublishingImages/Produk/NutrisiKesehatan/peptamen_thumb.jpg
Description: https://www.nestle.co.id/asset-library/PublishingImages/Produk/NutrisiKesehatan/peptamenjun_thumb.jpg
Tabel 2.3.9 Produk Nutrisi kesehatan
            Perlu diketahui bagi para konsumen, bahwa semua produk Nestle yang telah diproduksi dan dipasarkan berlabel halal.
2.4 Bentuk Kerjasama Perusahaan Nestlé di Indonesia
            Perusahaan Nestle khususnya di Indonesia tentunya menggandeng banyak perusahaan untuk bekerjasama. Salah satunya, Nestle merupakan bentuk usaha Joint Venture. Dengan menggunakan bentuk usaha ini Nestle mempunyai keuntungan yaitu perusahaan dapat mengambil manfaat dari mitra lokalnya mengenai pengetahuan tentang kondisi persaingan, budaya, bahasa, sistem politik dan sistem bisnis di negara dimana perusahaan akan didirikan. Ketika perkembangan biaya dan atau risiko pembukaan pasar luar negeri tinggi, suatu perusahaan dapat mengambil keuntungan dengan cara berbagi biaya dan atau risiko ini dengan mitra local. Sehingga Nestle dapat berkembang dengan cepat dan terjalin hubungan yang kuat.
PT Nestlé Indonesia juga semakin memperluas usahanya dengan melakukan perjanjian kerjasama dengan perusahaan lain. Salah satu kerjasama yang dilakukan berlangsung pada 1 April 2005. PT Nestlé dan PT Indofood Sukses Makmur, TBK melakukan kerjasama dalam bentuk joint venture. Perusahaan ini diberi nama PT Nestlé Indofood Citarasa Indonesia (NICI). Perusahaan ini menghasilkan produk-produk bumbu masakan yang akan dipasarkan di Indonesia. Sejak tanggal 29 Desember 1993, PT Food Specialties Indonesia telah resmi berganti nama menjadi PT Nestlé Indonesia
Adapun beberapa contoh bentuk kerjasama yang telah dilakukan oleh . PT Nestlé Indonesia, yaitu:
1.      Kerjasama Nestle dan L’Oreal dengan Snapcart
Description: C:\Users\Public\Pictures\gandeng nestle.png
Gambar 2.4.1 Bentuk Kerjasama Nestle dan L’Oreal dengan Sanpcart
Hubungan kerja sama antara Snapcart dengan Nestlé dan L’Oréal merupakan hubungan timbal balik yang saling menguntungkan. Dengan kerja sama ini, besar kemungkinan bahwa Snapcart dapat meraih kepercayaan pengguna di Indonesia karena produk-produk Nestlé dan L’Oréal termasuk produk yang banyak digemari. Sementara bagi Nestlé dan L’Oréal, kedua perusahaan ini akan mendapat sejumlah big data penting yang sangat bermanfaat bagi mereka.
2.      Kerjasama Nestle dengan Oto Bento
Gambar 2.4.2 Kerjasama Nestle dengan Oto Bento
Oto Bento beberapa waktu lalu menandatangani kerja sama dengan salah satu perusahaan nasional, Nestle. Langkah ini merupakan salah satu strategi untuk menunjukkan eksistensinya di industri waralaba nasional. Dengan adanya kerja sama ini menandakan bila restoran Oto Bento bukan lagi merek sembarangan karena sudah bisa dipersunting oleh merek sebesar Nestle. Sehingga, keduanya sama-sama saling menguntungkan ( joint venture).
3.      Kerjasama Nestle dengan Para petani Kopi di Lampung

Description: https://www.nestle.co.id/asset-library/PublishingImages/csv/csvRuralDevelopment4.jpg
Gambar 2.4.3 Kerjasama Nestle dengan Pertani Kopi di Lampung
Upaya kerjasama ini merupakan sebuah kemitraan yang saling menguntungkan dan menciptakan manfaat bersama antara Nestlé dengan begitu banyak petani kopi yang bekerja keras untuk menyediakan pendidikan dan kehidupan yang lebih baik bagi keluarga dan anak-anaknya, generasi Indonesia yang lebih baik dimasa mendatang.
Dalam mewujudkan kesinambungan produksi kopi Indonesia (Sustainable Coffee Production), sejak tahun 2000, Nestlé telah bekerjasama dengan pemerintah Indonesia melalui Pusat Penelitian Kopi dan Kakao (Puslitkoka) di Jember dalam mencari dan menyeleksi bibit kopi unggul masa depan melalui teknologi Genetic Mapping, yaitu suatu teknologi yang dapat memper cepat proses penemuan bibit kopi unggul. Selanjutnya Nestlé juga menghibahkan teknologi Somatic Embryogenesis, yaitu teknologi untuk memperbanyak tanaman dalam jumlah besar dan dalam waktu relatif singkat dimana bibit yang dihasilkan akan memiliki karakteristik yang sama dengan induknya.
4.      Kerjasama Nestle dengan UI
Gambar 2.4.4 Kerjasama Nestle dengan UI
Kerjasama ini dilakukan dengan Fakultas Kedokteran terhadap kepedulian masyarakat pada masalah makanan dan gangguan akibat kolesterol tinggi. Kerjasama ini ditandai dengan pemeriksaan kolesterol Sekertaris Fakultas Kedokteran UI, Gusti Nyoman Surendra.

5.      Kerjasama Nestle dengan Komunitas Kelapa Sawit
Nestle tetap  bekerja sama dengan komunitas kelapa sawit Indonesia dan membeli minyak sawit untuk kebutuhan, meski mendapat desakan dari sebuah LSM untuk tidak membeli dari salah satu produsen terkemuka. Meskipun sudah kerjasama dengan PT Sinar Mas sebagai pemasok minyak kelapa sawit,  Nestle tetap bekerja sama dengan komunitas sawit dan membeli untuk kebutuhan mendatang.

6.      Kerjasama Google dan Nestle dengan Android KitKat 44
Description: C:\Users\Public\Pictures\NESTLE\kitkat.pngGambar 2.4.5 Kerjasama Google dan Nestle dengan Android Kitkat 44
Kerjasama tersebut dilakukan untuk memasarkan salah satu produk android KitKat. Keduanya sama-sama saling menguntungkan.
Jika dilihat dari perkembangan perusahaan Nestle yang sudah berdiri selama 150 tahun, maka tidak heran jika jaringan-jaringan terhadap saham-saham dengan perusahaan lain sangatlah banyak. Yang telah disajikan diatas, merupakan sebagian kecil bentuk kerjasama yang ada di Indonesia. Dan bahkan masih banyak lagi kerjasama-kerjasama yang dilakukan PT Nestle Indonesia.














BAB III
PENUTUPAN
3.1  Kesimpulan
Terpapar jelas, bahwa Nestle merupakan perusahaan terkemuka di dunia dengan produksi makanan dan minumannya yang sudah me-legenda dan dikenal dengan kepedulian akan kesehatan umat manusia dengan menghasilkan makanan yang sehat, bermutu, aman, berkualitas, bergizi, dan menyenangkan untuk dikonsumsi demi mewujudkan kehidupan yang lebih baik. Lebih sering dikenal dengan moto “ Good Food, Good Life”. Hal tersebut, dilakukan sesuai dengan visi dan misi yang diemban oleh PT. Nestle Indonesia yaitu mewujudkan masyarakat Indonesia yang lebih sehat. Dan pada dasarnya, perusahaan Nestle dilatarbelakangi oleh keprihatinan Henry Nestle, seorang ahli kimia Jerman terhadap angka motalitas bayi di akhir abad 19, Swiss.
Produk yang dihasilkan sangat beranekaragam mulai dari kembang gula, coklat dan snek, kopi, minuman, nutrisi anak dan keluarga, sampai nutrisi kesehatan. Dan semua produk Nestle mengedepankan nutrisi yang terkandung di dalamnya. Perusahaan Nestle di Indonesia memperluas jaringan sosialnya dengan bekerjasama dengan beberapa perusahaan lain. Nestle Indonesia selalu menerapkan nilai-nilai yang selama ini menjadi landasan bagi perusahaan dan seluruh karyawan, nilai-nilai tersebut dikenal dengan istilah “PRIDE”, yang merupakan singkatan dari Passion (Semangat), Respect (menghormati), Integrity (Integritas), Determination (Gigih), dan Excellence (Unggul).








DAFTAR RUJUKAN

Hidayat, Muhammad Wahyu. 2015. Gandeng Nestle  dan Loreal: Snapcart Yakin
Sukses di Indonesia. (Online)
Anonim. --. Nestle Indonesia: Good Food Good Life. (Online)
Anonim. --. Nestle Global : Good Food Good Life. (Online)
Anonim. 2013. Kisah di Balik Kerjasama Google dan Nestle. (Online)
Anonim.2007. kerjasama PT. Nestle dengan Universitas Indonesia. (Online)
Anonim. 2010. Kerjasama PT Nestle dengan Komunitas Kelapa Sawit. (Online)
Anonim. 2015. Oto Bento Gandeng Nestle. (Online)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar