Senin, 28 September 2015

Kelompok Dua Presentasi Kewirausahaan @Afidah

Download Makalah Berwirausaha dengan Internet
Penulis : Afidah, Floriana, Reza, Anang, Dhany

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Wirausaha merupakan suatu proses atau cara untuk melakukan suatu usaha yang bertujuan untuk mendapatkan hasil atau keuntungan yang diharapkan dengan cara memproduksi, menjual atau menyewakan suatu produk barang atau jasa. Dalam menjalankan suatu usaha (wirausaha) seorang pelaku usaha harus memiliki: (1) Skill (kemampuan). Seorang pelaku usaha harus memiliki skill (kemampuan) untuk berwirausaha karna tanpa skill (kemampuan) seorang pelaku usaha tidak akan mungkin bisa berwirausaha. Jadi skill (kemampuan) adalah modal utama yang harus dimiliki dalam berwirausaha.
(2) Tekad (kemauan), apabila seorang pelaku usaha telah mempunyai skill (kemampuan) tapi tanpa ada tekad (kemauan yang kuat) untuk berwirausaha maka skill (kemampuan) berwirausaha itu akan sia-sia karena tidak dapat tersalurkan. (3) Modal, modal merupakan aspek yang sangat menunjang dalam hal memulai dan menjalankan suatu usaha disamping mempunyai skill dan tekad. (4) Target dan Tujuan, seorang pelaku usaha apabila ingin menjalankan suatu usaha maka harus bisa menentukan target dan tujuan pemasarannya. Karena apabila target dan tujuan tidak direncanakan maka usaha yang dijalankan tidak mungkin dapat bertahan lama. (5) Tempat, tempat berwirausaha merupakan aspek yang harus dimiliki saat menjalankan usaha karena tempat sangat menunjang dalam hal wirausaha dan bisa menjadikan suatu bahan  pertimbangan oleh konsumen mengenai wirausaha yang sedang dijalankan.
Tempat untuk berwirausaha sangat beragam, terlebih sekarang TI berkembang sangat pesat. Selain di dunia nyata, saat ini juga banyak yang mengembangkan usahanya di dunia maya. Tidak hanya untuk promosi produk usahanya, melainkan  juga sebagai tempat pemasaran. Oleh karena tuntutan zaman yang begitu komplek, ingin cepat dan instan maka adanya TI sayang meniscayakan untuk berwirausaha di dunia maya.

1.2 Batasan Masalah
Penyusun membatasi masalah hanya pada ruang lingkup perusahaan yang menggunakan TI sebagai bagian dari usahanya. Penyusun mengambil contoh beberapa perusahaan yaitu: 
1. PT Paragon Technology and Innovation
2. PT Bhinneka Mentari Dimensi.
Agar masalah pembahasan tidak terlalu luas dan lebih terfokus pada masalah dan tujuan dalam hal pembuatan makalah ini, maka dengan ini masalah yang akan di bahas yaitu:
a. Sejarah Singkat
b. Omset, dan
c. Keunggulan 

1.3 Tujuan Penulisan
1. Untuk menambah referensi pengetahuan tentang kewirausahaan.
2. Untuk mengetahui contoh-contoh perusahaan yang memanfaatkan TI.
3. Untuk memenuhi tugas mata kuliah Kewirausahaan.


BAB II
PEMBAHASAN

2.1 PT Paragon Technology and Innovation
2.1.1 Sejarah Singkat
PT. Paragon Technology and Innovation berdiri pada tanggal 28 Februari 1985 dengan nama awal PT. Pusaka Tradisi Ibu. Perusahaan ini baru berganti nama menjadi PT. Paragon Technology and Innovation pada tahun 2011. Perusahaan ini didirikan oleh pasangan suami istri Drs. H. Subakat Hadi, M.Sc dan Dra. Hj. Nurhayati Subakat, Apt. Pada masa itu, pendiri melihat masih ada peluang yang terbuka. Perusahaan ini dimulai dengan sederhana namun sudah diusahakan dengan tata cara yang baik. PT. Pusaka Tradisi Ibu (PTI) pada awal berdirinya hanya memproduksi perawatan rambut. Pada tahun 1987, perusahaan ini mengeluarkan produk perawatan rambut dengan merk Ega yang dipasarkan ke salon-salon. Kemudian lahir produk Putri yang sampai sekarang masih diproduksi.
Tahun 1985-1990, PT. Pusaka Tradisi Ibu mengalami perkembangan pesat. Mulai dari Jabotabek, produknya mulai menyebar dan bersaing langsung dengan produk lama yang telah ada. Mulai tahun 1990, produk salonnya dapat bersaing dengan produk eksis. Survey CIC (2002) menyebutkan bahwa Hair Tonic Putri adalah hair tonic yang paling banyak digunakan di indonesia. Sedangkan produk perawatan rambut lainnya selalu masuk 10 besar. Seiring dengan perkembangan perusahaan, pada bulan Desember 1990, PT. Pusaka Tradisi Ibu mendirikan pabrik produksi di Kawasan Industri Cibodas Tangerang. Pendirian pabrik yang baru ini bertujuan untuk menambah kapasitas produksi yang terus meningkat.
Pada tahun 1995, PTI mulai mengembangkan merk Wardah. Namun, belum bisa berjalan dengan baik dikarenakan rekanan manajemen yang kurang baik. PTI kembali mencoba mengembangkan Wardah pada tahun 1996 dengan tetap bekerja sama dengan agen dalam pemasarannya. Sejak itu penjualannya mulai menanjak dan PT Pusaka Tradisi Ibu memasuki pasar tata rias (decorative).
Ketika krisis ekonomi 1998, banyak perusahaan sejenis yang tutup. Daya beli masyarakat anjlok sementara harga bahan baku naik sampai empat kali lipat. PTI mengambil reaksi cepat menyikapi krisis tersebut di saat pesaing-pesaing lain tidak berproduksi. Setelah melewati masa krisis selama empat bulan, PTI justru mengembangkan pasar. Pada tahun 1999-2003, PTI mengalami perkembangan kedua. Penjualan merk Wardah pada masa tersebut melonjak pesat. Pabrik lain di Kawasan Industri Jatake Tangerang didirikan dan mulai beroperasi pada tahun 2001. PTI mulai memodernisasi perusahaan pada tahun 2002-2003. Perusahaan ini mulai masuk ke pasar umum yang memerlukan perubahan dari segi internal. Selain itu, juga melalui program promosi dan membina tim promosi.
Pada tahun 2005, PT Pusaka Tradisi Ibu sudah menerapkan Good Manufacturing Practice (GMP) dan Cara Pembuatan Kosmetika yang Baik (CPKB). Sampai sekarang, di Indonesia baru 80 pabrik dari keseluruhan 760 pabrik yang sudah menerapkan CPKB. Selain itu, PTI menjadi percontohan pelaksanaan CPKB untuk industri kosmetika yang lainnya. PTI sampai dengan saat ini sudah memiliki 26 Distribution Centre (DC) hampir di seluruh wilayah Indonesia. Saat ini perusahaan ini telah memiliki DC di Malaysia. PT Paragon Technology Innovation (PTI) berdiri sejak 1985 dan telah mendapatkan sertifikat GMP (Good Manufacturing Practice) dengan kapasitas produksi yang besar dan formulasi kosmetik yang unggul.
Dengan pengalaman lebih dari 28 tahun, PTI telah membawa Wardah sebagai brand lokal terbesar di Matahari, Departemen Store terbesar di Indonesia. PTI juga terus mengembangkan brand-brand unggulan lainnya (Make Over, Putri, IX, Vivre, Hair Addict, Nusilk).
Selama 4 tahun terakhir, perusahaan telah tumbuh lebih dari 80% per tahun, dengan 30 daerah operasional dan lebih dari 4500 karyawan di seluruh Indonesia. Berikut gambar perkembangan PT Paragon Technology and Innovation.
Produk kosmetik Wardah tersedia dalam berbagai jenis, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:
1) BASIC SERIES
a. Facial Wash
b. Cleanser
c. Hydrating Toner
d. Sunscreen Gel SPF 30
e. Moisturizer Cream
f. Moisturizer Gel
g. Intensive Night Cream
h. Peeling Cream
i. Facial Scrub
j. Facial Mask

2) LIGHTENING SERIES
a. Lightening Gentle Wash
b. Lightening Facial Scrub
c. Lightening Milk Cleanser
d. Lightening Face Toner
e. Lightening Face Mask
f. Lightening Body Lotion
g. Lightening Two Way Cake
h. Lightening Day Cream Step 1
i. Lightening Night Cream Step 1
j. Lightening Day Cream Step 2
k. Lightening Night Cream Step 2

Untuk lebih lengkapnya produk kosmetik wardah yang lain dapat di lihat di halaman web berikut www.wardahbeauty.com. 


Produk Wardah | Sumber: pti-cosmetics.com
2.1.2 Omset
Wardah Cosmetics mencatatkan pertumbuhan yang tinggi. Wardah Cosmetics memiliki perkembangan omset 75 persen per tahun. Dari modal yang hanya Rp 2 juta, saat ini kosmetik bergenre halal di bawah payung PT Paragon Technology and Innovation sudah memiliki omset mencapai Rp 200 miliar perbulan.

2.1.3 Keunggulan
Kosmetik yang terjamin dalam segi kualitas dan keamanan adalah kosmetik yang legal yaitu yang telah terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Salah satu pelopor produk kosmetik yang mengedepankan prinsip kosmetik halal adalah Wardah Cosmetic, yang telah mendapat sertifikat halal dari MUI. Wardah Cosmetic memakai bahan-bahan yang berkualitas dan tentu saja jelas hukum kehalalannya karena beberapa bahan yang biasa digunakan dalam kosmetik banyak yang merupakan titik kritis kehalalan seperti lemak, kolagen, elastin, ekstrak plasenta, zat penstabil vitamin, asam alfa hidroksil, dan hormon. Bahan-bahan tersebut sangat rawan karena bisa jadi berasal dari lemak hewan yang diharamkan. Untuk mengidentifikasi kosmetik halal juga dapat dilihat dari daftar ingredient yang tercantum dalam produk tersebut.

2.2 Bhinneka.Com
Tampilan muka BHINNEKA.COM | Sumber : bhinneka.com
Bhinneka.com merupakan situs e-commerce angkatan pelopor online store yang sampai saat ini terus berkembang dan bertumbuh menjadi situs e-Commerce terbesar di Indonesia. Disebut angkatan pelopor, yaitu situs yang tayang sebelum abad 21, sekitar tahun 1996-1999.

2.2.1 Sejarah
Bhinneka.com lahir dari situasi genting disaat krisis ekonomi yang melanda Indonesia tahun 1997-1998 yang kemudian berkembang menjadi krisis sosial politik.   PT Bhinneka Mentari Dimensi lahir tahun 1993 dan memilih bidang teknologi informasi sebagai inti bisnisnya. Fokus pertama dimulai dari distribusi produk IT seperti PC Build Up dan PC Compatible, Peripherals, rancang bangun perangkat lunak jasa jaringan (LAN/WAN), solusi video editing hingga pusat servis.
Saat krisis, nyaris lumpuh juga bisnis PT Bhinneka Mentari Dimensi, berbagai ektensifikasi bisnis yang dipikir mampu mendongkrak bisnis dilakukan untuk survive, di saat itulah Nicholas Tio & Hendrik Tio selaku owner melihat peluang yang barangkali dapat dilakukan, yaitu perkembangan internet yang luar biasa di USA. Maka situs Bhinneka.com yang masih berupa profil perusahaan, disetujui untuk dijadikan model online store.
Maka pada 1 Juni 1999, dengan 24 personel sisa karyawan yang tinggal dari 129 staf, dikumpulkan untuk menggalang semangat dan kesatuan untuk bangkit, dengan model bisnis dari agensi distribusi menjadi ritel produk komputer dan berjualan melalui internet. Maka itulah saat pertama Bhinneka.com diluncurkan dengan program yang masih sangat sederhana, yaitu HTML. Dan para karyawan yang sama sekali masih buta apa itu internet.
Setelah berulang tahun pertama, bermunculan situs dengan investasi besar baik dari pemain bisnis lokal yang sudah besar maupun dana investasi dari luar negeri, sebut saja lipposhop.com, astaga.com, kopitime.com. Namun belum seumur jagung euphoria shopping online melanda Indonesia, masa gelembung (Bubble Economic of e-Commerce) menghadang, berjatuhan para raksasa bisnis. Melihat situasi ini, maka tampak purely online belum mampu hidup. Maka Bhinneka.com memutuskan untuk membangun brick & mortar, dibukalah toko berkonsep agar citra merek terjaga.
Pasar yang belum percaya pada belanja online ini juga belum di dukung dengan online payment system dari banking, ada yang menawarkan dengan kartu kredit namun dengan biaya yang mahal sekitar 9% (tidak memungkinkan untuk ritel komputer & elektronik), situasi ketidak-percayaan ini diperparah dengan tingginya tingkat fraud yang dilakukan dari Indonesia, dimana sempat diblok kartu kredit dari Indonesia.
Pasar yang masih kecil, ketidakpercayaan masyarakat pada model bisnis internet, banking yang belum siap, infrastruktur pendukung bisnis online shopping seperti jasa pengiriman, jaringan internet dan unit komputer yang masih mahal. Itulah sederet tantangan yang perlu dihadapi.
Saat ini barang-barang yang dijual oleh Bhinneka.Com meliputi; peralatan elektronik (komputer, laptop, notebook, dll), peralatan dapur (penanak nasi otomatis, dispenser, dll), perlengkapan kecantikan, dan lain-lain.

Contoh Produk Komputer |  Sumber : bhinneka.com


Contoh Produk Sehari-hari | Sumber : bhinneka.com

Penghargaan yang berhasil diraih || Sumber : bhinneka.com 
2.2.2 Omset
Berawal dari modal hanya Rp 100 juta, Bhinneka.Com kini berkembang menjadi situs toko online terkemuka di Indonesia yang berhasil meraih omset lebih dari Rp 600 miliar sepanjang tahun 2013. Dengan pencapaian 165 ribu pengunjung per hari, 25 juta page views setiap bulannya, Bhinneka.Com juga masuk dalam jajaran 60 situs yang paling sering dikunjungi di Indonesia. 
Bhinneka.Com telah berkembang pesat dengan 532 karyawan, fasilitas kantor seluas 5.000m², serta menjual 50.000 jenis produk. Pengiriman produk sudah mampu menjangkau lebih dari 8.000 tujuan pengiriman dan telah bekerja sama dengan lebih dari 2.000 mitra bisnis berskala besar maupun UKM di Indonesia.

2.2.3 Keunggulan
Service Center Bhinneka.Com memberikan 100% jaminan kenyamanan dan keamanan kepada customer untuk berbelanja di Bhinneka.Com, karena: (1) Dari sekian banyaknya Online Webstore yang menjamur saat ini, Bhinneka.Com satu-satunya yang memiliki Service Center. Produk yang dijual di Bhinneka.Com seluruhnya adalah produk asli dan bergaransi resmi. (2) Dari sekian banyaknya Online Webstore, hanya Bhinneka.Com yang memiliki sertifikasi dan berbagai penghargaan dari beberapa principle terkemuka seperti 'Microsoft Country Partner of The Year'; 'Hawlett-Packard Printer Authorized Exchange Partner'; 'Lenovo Authorized Service Partner'; serta 'HTC Autorizhed Service Partner Smart Phone HTC'. (3) Sebagai Online Webstore No. 1 di Indonesia dan telah hadir sejak 1999, Bhinneka.Com memberikan pelayanan 'pre-sales' dan 'after-sales' yang memuaskan. (4) Bhinneka.Com juga memberikan layanan ekstra yang bisa customer dapatkan jika berbelanja di Bhinneka.Com. Tim Bhinneka.Com selalu SIAP untuk memberikan konsultasi, layanan ambil & antar, hingga jasa 'on site' services yaitu kunjungan langsung ke tempat pelanggan sesuai permintaan.

BAB III
PENUTUP

3.1 Kesimpulan
Berwirausaha tidakhanya bisa dilakukan di dunia nyata saja, dengan perkembangan TI saat ini memungkinkan untuk berwirausahan di dunia maya, sarat dengan tuntutan masyarakat sekarang yang serba cepat dan instan.
Wardah Kosmetik
Dra. Hj. Nurhayati Subakat, merupakan pengusaha kosmetik Wardah. Asal Padang Panjang, Sumatera Barat, lulusan farmasi di Institut Teknologi Bandung. Ia memulai karier sebagai apoteker di Rumah Sakit Umum Padang. Kemudian ia pindah ke Jakarta dan bekerja di perusahaan kosmetik Wella, sebagai staf quality control. Kemudian bersama suaminya Drs. H. Subakat Hadi, M.Sc mendirikan PT Paragon Technology and Innovation yg berdiri pada tanggal 28 Februari 1985 dengan nama awal PT Pusaka Tradisi Ibu. 
Selama 4 tahun terakhir, perusahaan telah tumbuh lebih dari 80% per tahun, dengan 30 daerah operasional dan lebih dari 4500 karyawan di seluruh Indonesia. Wardah Cosmetics mencatatkan pertumbuhan yang tinggi. Omzet Rp 200 M sebulan, dengan luas pabrik 6,5 hektare di Tangerang.
Wardah kosmetik sudah terjamin dalam segi kualitas dan keamanan yaitu telah terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Salah satu pelopor produk kosmetik yang mengedepankan prinsip kosmetik halal.
Bhinneka.com
Bhinneka.com adalah salah satu contoh bisnis, yang bukan saja berani ‘banting-setir’ disaat masa-masa krisis, bahkan berhasil melewati masa-masa suram tersebut dan bertahan hidup sampai sekarang. 
Bhinneka mulai berdiri pada tahun 1993, sebagai toko offline biasa. Pada saat-saat awal ini, Bhinneka mempunyai fokus bisnis sebagai pemegang merk dan distributor untuk produk printer format lebar dan PC. Kemudian pada tahun 1998, krisis ekonomi menimpa Indonesia (dan seluruh Asia) yang menelan korban yang tidak sedikit. Bhinneka menjadi salah satu korban ini.
Di dalam situasi yang sangat tidak menguntungkan tersebut, Bhinneka mencoba mencari terobosan baru. Kebetulan di masa itu, Internet baru mulai berkembang di Indonesia, dan Bhinneka merasa pas dengan itu. Dari saat itu dimulailah perjalanan panjang Bhinneka untuk menjadi Toko Online nomer satu di Indonesia yang menjual berbagai produk.


DAFTAR RUJUKAN

Bhinneka.com. 2015. BHINNEKA.COM SERVICE CENTER. (online),
pada 21 September 2015)
Editor. 2014. Dari Halaman Rumah Menuju Global Branding. (online),
140411x.html, diakses pada 19 September 2015)
PTI. 2013. The History of Paragon CORPORATE TIMELINE. (online), (http://www.pti
cosametics.com/about/history, diakses pada 19 September 2015)
SWA Online. 2014. 2013, BHINNEKA.COM CETAK OMSET LEBIH DARI RP 600
Tampilan Muka Web Bhinneka.com. (online), (www.bhinneka.com, diakses pada 20
September 2015)
Tampilan Muka Web Wardah. (online), (www.wardahbeauty.com, diakses pada 19
September 2015)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar