Jumat, 10 Oktober 2014

Tugas Dari Pak Darmono "organisasi perpustakaan"




Apakah perpustakaan merupakan organisasi?

Iya, perpustakaan merupakan suatu organisasi.

Berikut ini beberapa faktor terbentuknya organisasi, yaitu:


·         Adanya sekelompok orang
·         Adanya tujuan yang akan dicapai
·         Adanya penataan kerjasama
·         Adanya fasilitas(sekalipun fasilitas yang digunakan sederhana)

Berdasarkan faktor tersebut jelas bahwa perpustakaan merupakan suatu organisasi, karena perpustakaan terdiri dari sekelompok manusia yang bekerja sama untuk mencapai tujuan tertentu dan terikat secara formal.

Secara umum, tujuan dari pelaksanaan perpustakaan diantaranya:

  • Menyediakan informasi yang dibutuhkan pemustaka guna menambah pengetahuan maupun pendidikan bagi masyarakat.
  • Menyediakan akses ke sumber daya lokal, regional, nasional, dan global.
  • Memberikan kesempatan untuk memperoleh pengalaman dalam menciptakan. dan menggunakan informasi untuk pengetahuan, pemahaman, dan daya pikir masyarakat.
Karakteristik organisasi perpustakaan, yaitu;

1) Perpustakaan terdiri dari sekelompok orang yang saling bekerja sama.

Dasar pemikirannya adalah jika pekerjaan mampu dikerjakan oleh satu orang atau satu bidang saja, tentu tidak perlu membentuk organisasi. Tetapi jika pekerjaan membutuhkan orang lain dan membutuhkan manajemen serta koordinasi, diperlukanlah organisasi. Itulah yang terjadi di perpustakaan, di dalamnya terdiri dari sekelompok orang yang saling bekerja sama. Karena perpustakaan merupakan suatu organisasi.

2) Memiliki tujuan tertentu yang akan dicapai.

Jelas bahwa suatu organisasi pastilah memiliki tujuan yang ingin dicapai dalam keorganisasian tersebut. Tidak mungkin organisasi perpustakaan terbentuk tanpa ada tujuan yang jelas.

3) Adanya pekerjaan yang akan dikerjakan.

Suatu organisasi pastinya memiliki tujuan. Nah, untuk mencapai tujuan tersebut pastinya ada serangkaian pekerjaan yang harus dikerjakan. Sebagai contoh, salah satu tujuan perpustakaan adalah menyediakan informasi bagi pemustaka. Untuk mencapainya, tiap-tiap anggota perpustakaan baik pejabat fungsional perpustakaan, pegawai pelaksana teknis kepustakawanan maupun pegawai administrasi diberi tugas masing-masing
.
4) Adanya penetapan dan pengelompokan pekerjaan.

Untuk mencapai tujuan yang diharapkan, pastilah terbentuk struktur organisasi yang mana berfungsi sebagai pengendali tata laksana perpustakaan.
5) Memiliki wewenang dan tanggung jawab.

Di setiap komponen kepengurusan perpustakaan pasti diberi wewenang dan tanggung jawab masing-masing guna mencapai tujuan yang diharapkan bagi organisasi tersebut.

6) Adanya pendelegasian wewenang.

Maksud dari kata pendelegasian wewenang dsini adalah pemberian wewenang dan tanggung jawab kepada seluruh anggota organisasi. Contohnya, kepala perpustakaan sebagai pustakawan memberikan limpahan wewenang kepada para stafnya(yang juga pustakawan) untuk menjalankan tugas kepengurusan perpustakaan.

7) Mempunyai hubungan satu sama lain.

Baik kepala/pemimpin perpustakaan, pustakawan, pegawai pelaksana teknis, maupun pegawai administrasi saling bekerja sama satu sama lain. Karena memang sebuah organisasi memiliki serangkaian aktivitas seluruh komponen yang terlibat secara bersama-sama, kompak, dan solid.

8 ) Adanya penempatan bagi tenaga kerja yang baru.

Suatu organisasi perpustakaan pasti terjadi pergantian kepengurusan maupun penambahan tenaga kerjanya. Kegiatan ini diharapkan dapat mengembangkan perpustakaan dengan tenaga kerja yang berjiwa profesional.

9) Memiliki tata tertib yang harus ditaati bagi anggota-anggota dalam komponen kepengurusan tersebut.

Setiap suatu kegiatan keorganisasian, pastinya memiliki peraturan tentang kepegawaian dalam pelaksanaannya. Hal ini dibutuhkan guna mengatur struktur organisasi supaya bisa berjalan sebagai mana mestinya.

gambar : onenews
sumber ; windakutubuku



Tidak ada komentar:

Posting Komentar