Senin, 01 Desember 2014

Epilog Bahasa Indonesia Keilmuan

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ الرَّحِيم

stasiunbuku.com

Gemericik air langit pagi ini mengguyur kota Arema, ruang D8.103 juga mendapat imbas suasana dingin yang dihasilkannya. Pagi ini adalah hari terakhir pertemuan matakuliah BIK. Pak Zeny datang lebih awal, terlihat masih setengah mahasiswa yang datang dari keseluruhan kelas BIK. "Hari ini terakhir yaa.." sapa pak asisten ini. Ya, selama enambelas pertemuan ini kami dibimbing oleh Pak Zeny karena jadwal pak dosen bentrok. Selama enambelas minggu ini banyak kisah yang dapat kami ukir, terlebih dengan adanya Mas Agung, mahasiswa semester akhir prodi pend. Bahasa Jerman yang turut meramaikan atmosfir akademik kelas kami. Semester ini kami lebih banyak membahas tentang tatacara penulisan karya ilmah, baik dalam bentuk makalah dan jurnal. Tugas akhir semester kami juga tentang itu yaitu menulis artikel ilmiah mengenai yang berhubungan dengan jurusan kami. Jika ingin melihat TAS (Tugas Akhir Semester) teman-teman dapat meng-klik link ini.

Agenda hari ini selain mengumpulkan TAS juga melaksanakan UAS-mengarang artikel sederhana dari tiga kutipan. Dari kutipan yang diberikan kami diharapkan dapat mengembangkannya menjadi artikel ilmiah sederhana. Tidak sulit memang, namun butuh perhatian lebih juga. Temanya adalah mengenai pengertian perpustakaan sekolah, jenis perpustakaan, dan peranan perpustakaan sekolah.

Pada akhir sesi kuliah pak asdos asal kota reog ini berpesan jika karangan ilmiah yang baik adalah karangan ilmiah dengan sumber rujukan buku, koran, jurnal ilmiah, hasil semiar dan diskusi, boleh-boleh saja merujuk pada artikel populer yang ada di internet namun dalam segi kevalidasian data perlu banyak pertimbangan. 

ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِين

Tidak ada komentar:

Posting Komentar