Kamis, 20 November 2014

Kuliah Tamu Ilmu Perpustakaan Um bersama Bapak Blasius Sudarsono, MLS



Kuliah tamu ini merupakan kuliah tamu perdana bagi prodi ilmu perpustakaan UM, terutama bagi mahasiswa ilmu perpustakaan tahun 2014. Ilmu perpustakaan di UM memiliki 2 jenjang yaitu D3 dengan S1. Prodi D3 telah meluluskan dua angkatan dan pada tahun ini mendapat akreditasi B bersamaan dengan perolehan akeditasi A universitas bagi UM. Selain itu pada tahun ini juga UM, khususnya fakultas sastra mendapatkan mandat untuk mendirikan prodi S1.

Kuliah tamu prodi Ilmu Perpustakaan UM diselenggarakan secara rutin setiap satu tahun sekali. Hari ini mengundang Bapak Blasius Sudarsono, MLS sebagai pemateri dengan tema Meniti Jalan Kepustakawanan. Acara dimulai pukul 08.00 WIB di aula Fakultas Sastra, gedung E6 Lt.2 Fakultas Sastra UM dengan di moderator oleh Bapak Drs. Darmono, M.Si.

Acara ini di buka dengan sambutan oleh Wakil Dekan I Fakultas Sastra, Dr. Yazid Basthomi, S.Pd, M.A. diteruskan dengan kuliah tamu. Dalam kesempatan ini Bapak Blasius Sudarsono, MLS menceritakan sejarah hidupnya yang sebagian besar berlatar belakang profesinya sebagai pustakawan. Beliau mengawali kuliah ini dengan kata “sekedar cerita bagi yang mau mendengarkan” sontak teman-taman langsung tersenyum dan merasakan keakraban beliau. Bapak Blasius Sudarsono, MLS menyebut perjalanannya sebagai “jalan sunyi berliku yang mendaki, penuh pencarian dan penantian, penuh rintangan dan harapan”. Selama kurang lebih empat puluh tahun beliau berkecimpung dalam bidang dokumentasi dan perpustakaan Indonesia, banyak hal yang beliau dedikasikan kepada sejarah perpustakaan Indonesia sehingga namanya pun sudah tidak asing lagi di telinga pustakawan Indonesia.

Selain menceritakan sejarah kehidupan beliau hingga sekarang, Bapak Blasius Sudarsono, MLS juga memberikan mejangan bagi calon-calon pustakawan. Pustakawan itu memiliki empat pilar penyangga yaitu; (1) kepustakawanan adalah panggilan hidup, (2) kepustakawanan adalah semangat hidup, (3) kepustakawanan adalah karya pelayanan, dan (4) kepustakawanan adalah profesional. Selain itu pustakawan juga memiliki lima daya utama, yang terdiri dari; (1) berpikir kritis, analitis, dan kritis, (2) berkemampuan membaca, (3) berkemampuan menulis, (4) berkemampuan wira usaha, dan (5) menjunjung tinggi etika. Pustakawan memiliki tiga sasaran antara, yaitu; (1) menjadi cerdas (bright), (2) menjadi kaya (rich), dan (3) menjadi benar (right). Sedangkan tujuan akhir yang harus dicapai pemustaka adalah menjadi manusia paripurna yang berguna bagi sesama.

Bapak Blasius Sudarsono, MLS juga menjelaskan jika seharusnya pustakawan itu memiliki Janji Pustakawan, seperti halnya janji pemuda Indonesia pada tanggal 28 Oktober 1928 yang dikenal dengan Sumpah Pemuda. Janji pustawan yang di canangkan oleh Bapak Blasius Sudarsono, MLS adalah sebagai berikut;


Demikian lah sedikit yang dapat saya tulis mengenai kuliah tamu prodi ilmu perpustakaan UM. Setelah acara ditutup dengan doa oleh Bapak Asrukin, selanjutnya sesi foto bersama oleh peserta kuliah tamu dengan Bapak Blasius Sudarsono, MLS. 


galeri


sambutan oleh Dr. Yazid Basthomi, S.Pd, M.A



kuliah



Bapak Blasius Sudarsono, MLS



sesi foto bersama



sesi foto bersama



sesi foto bersama


Sumber:
kuliah tamu ilmu perpustakaan UM
gambar: dokumen pribadi



Tidak ada komentar:

Posting Komentar