RPS
Capaian Pembelajaran
Memberikan pemahaman kepada mahasiswa mengenai pengertian pelestarian, pentingnya pelestarian bahan pustaka, fungsi pelestarian dan pengawetan bahan pustaka, menunjukkan ruang lingkup pelestarian bahan pustaka, mengetahui hubungan antara pelestarian dan berbagai unsur kegiatan lain di perpustakaan, melestarikan berbagai jenis bahan pustaka, membandingkan cara pelestarian dokumen di berbagai negara.
Rencana Perkuliahan
Minggu
Ke-1 Mengenal capaian pembelajaran MK, Telaah kurikulum, sistem pembelajaran dan target yang harus dicapai oleh Mahasiswa : Pengantar Perkuliahan.
Ke-2 Preservasi dan pelestarian bahan pustaka : Mahasiswa memahami tentang istilah-istilah/ arti, Undang-undang Pelestarian,tujuan dan masalah pelestarian, strategi dan metode preservasi fisik dan isi, seleksi preservasi media informasi.
Ke-3-4 Menguasai Media Manuskrip : Survey Kondisi Fisik Media Kertas Terjilid jenis manuskrip.
Ke- 5-6 Memahami Sejarah Perkembangan Media Informasi dan bahan Pustaka : (a) Jenis medium perekam informasi sebelum kertas; (b) Zaman kertas.
Ke-7 Mampu memahami Kerusakan media/bahan pustaka : Faktor-faktor internal dan eksternal penyebab kerusakan.
Ke-8 UTS
Ke-9 Memahami Lembaga-lembaga preservasi : Organisasi lokal, nasional dan internasional Bidang Konservasi dan Preservasi.
Ke-10-11 Memahami Pemeliharaan dan Perawatan Koleksi : (a) Pencegahan kerusakan bahan pustaka (b) Fumigasi (c) Menghilangkan keasaman pada kertas (d) Laminasi dan Enkapsulasi.
Ke- 12-13 Memahami tata cara preservasi koleksi : Reproduksi /Alih Media.
Ke- 14-15 Memahami Penjilidan dan Pembendelan.
Ke- 16 UAS
Matakuliah : Konservasi dan Preservasi Media Informasi
Program Studi : D3 Ilmu Perpustakaan
Semester: 5 (Lima)
Dosen Pengampu : Setiawan, S.Sos, M.IP
Kode : NKPS675
Bobot : 3 SKS
Sifat : Wajib
Program Studi : D3 Ilmu Perpustakaan
Semester: 5 (Lima)
Dosen Pengampu : Setiawan, S.Sos, M.IP
Kode : NKPS675
Bobot : 3 SKS
Sifat : Wajib
Capaian Pembelajaran
Memberikan pemahaman kepada mahasiswa mengenai pengertian pelestarian, pentingnya pelestarian bahan pustaka, fungsi pelestarian dan pengawetan bahan pustaka, menunjukkan ruang lingkup pelestarian bahan pustaka, mengetahui hubungan antara pelestarian dan berbagai unsur kegiatan lain di perpustakaan, melestarikan berbagai jenis bahan pustaka, membandingkan cara pelestarian dokumen di berbagai negara.
Rencana Perkuliahan
Minggu
Ke-1 Mengenal capaian pembelajaran MK, Telaah kurikulum, sistem pembelajaran dan target yang harus dicapai oleh Mahasiswa : Pengantar Perkuliahan.
Ke-2 Preservasi dan pelestarian bahan pustaka : Mahasiswa memahami tentang istilah-istilah/ arti, Undang-undang Pelestarian,tujuan dan masalah pelestarian, strategi dan metode preservasi fisik dan isi, seleksi preservasi media informasi.
Ke-3-4 Menguasai Media Manuskrip : Survey Kondisi Fisik Media Kertas Terjilid jenis manuskrip.
Ke- 5-6 Memahami Sejarah Perkembangan Media Informasi dan bahan Pustaka : (a) Jenis medium perekam informasi sebelum kertas; (b) Zaman kertas.
Ke-7 Mampu memahami Kerusakan media/bahan pustaka : Faktor-faktor internal dan eksternal penyebab kerusakan.
Ke-8 UTS
Ke-9 Memahami Lembaga-lembaga preservasi : Organisasi lokal, nasional dan internasional Bidang Konservasi dan Preservasi.
Ke-10-11 Memahami Pemeliharaan dan Perawatan Koleksi : (a) Pencegahan kerusakan bahan pustaka (b) Fumigasi (c) Menghilangkan keasaman pada kertas (d) Laminasi dan Enkapsulasi.
Ke- 12-13 Memahami tata cara preservasi koleksi : Reproduksi /Alih Media.
Ke- 14-15 Memahami Penjilidan dan Pembendelan.
Ke- 16 UAS
Referensi
Karmidi Martoatmojo, PhD. 1994. Pelestarian Bahan Pustaka,. Universitas Terbuka.
Indonesia.Depdiknas RI. 1983. Penjilidan Buku: pengetahuan kejuruan dasar. Jakarta: Pusgrafin Indonesia. Depdiknas
Muhammadin Razak.1992. Pelestarian Bahan Pustaka dan Arsip, , Program Pelestarian Bahan Pustaka Bahan Pustaka dan Arsip, Jakarta,.
Muhammadin Razak.1995. Petunjuk Teknis Pelestarian Bahan Pustaka,. Perpustakaan Nasional RI.
Kotrak Kuliah
- Kuliah dimulai 07.30, toleransi 15 menit, 20 menit boleh masuk tanpa presensi.
- Boleh absen 3 kali pertemuan, selebihnya harus pakai seurat.
- Bisa dapat nilai A, asal dapat buat produk Konservasi dan Preservasi Media Informasi sendiri, akan tetapi nilai tsb dapat berganti jika absen >3 kali.
- Sistem penilaian : Tugas 5%, UTS 25%, Presensi 15%, Kreativitas 15%, UAS 30%.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar