Kamis, 19 Maret 2015

Tugas 5 PIP

Perkuliahan  pertemuanPIP ke-11 (18/03)di Lantai 3 Perpustakaan Pusat, saat yang hadir hanya; Saya, Krisna, Afidah, Kiki, dan Agita. Yang lain Oservasi dan izin.
Info : Perkuliahan PIP untuk selanjutnya kembali pada jadwal asli (Rabu jam ke 7-9. D8.205)

1. Pengertian pendidikan menurut UU SISDIKNAS Tahun 1989 dan Tahun 2003

2. Fungsi dan tujuan pendidikan menurut UU No. 20 Tahun 2003! Adakah kaitannya dengan K-13?
a. Jika ada, Indikatornya apa?
b. Jika tidak, Alasannya apa?

3. Apa sajakah prinsip-prinsip penyelenggaraan pendidikan! Bagaimana pelaksanaanya di perpustakaan?  berilah contoh masing-masing!

4. Apa beda pendidikan khusus dan layanan pendidikan khusus, masing-masing untuk siapa?

--------------------------------------------------------

File:

UU No. 2 SISDIKNAS Tahun 1989 Download
UU No. 20 SISDIKNAS  Tahun 2003 Download



-------------------------------------------------------------
Jawab

1. Pengertian Pendidikan

A. UU RI NO. 2 TAHUN 1989 TENTANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL 
Pendidikan adalah usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, dan/atau latihan bagi peranannya di masa yang akan datang.

B. UU RI NO. 20 TAHUN 2003 TENTANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL
Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.

2. Fungsi dan Tujuan Pendidikan menurut UU No. 20 Tahun 2003 Tentang SISDIKNAS

Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa.

Pendidikan bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Adakah kaitannya dengan K-13?

Ada, Kurikulum 2013 disiapkan untuk mencetak generasi yang siap di dalam menghadapi masa depan. Karena itu kurikulum disusun untuk mengantisipasi perkembangan masa depan. Pergeseran paradigma belajar abad 21 dan kerangka kompetensi abad 21 menjadi pijakan di dalam pengembangan kurikulum 2013.

Apakah Indikatornya?

Dalam draft Pengembangan Kurikulum 2013 diisyaratkan bahwa proses pembelajaran yang dikehendaki adalah pembelajaran yang mengedepankan pengalaman personal melalui observasi (menyimak, melihat, membaca, mendengar), asosiasi, bertanya, menyimpulkan, dan mengkomunikasikan. Disebutkan pula, bahwa proses pembelajaran yang dikehendaki adalah proses pembelajaran yang berpusat pada peserta didik (student centered active learning) dengan sifat pembelajaran yang kontekstual.

3. Prinsip-Prinsip Penyelenggaraan Pendidikan dan contoh Pelaaksanaan dalam Perpustakaan

  1. Pendidikan diselenggarakan secara demokratis dan berkeadilan serta tidak diskriminatif dengan menjunjung tinggi hak asasi manusia, nilai keagamaan, nilai kultural, dan kemajemukan bangsa. | Perpustakaan diselenggarakan dengan pelayanan yang terbuka bagi semua bagi semua anggota masyarakat dengan tidak memandang perbedaan usia, kelamin, pekerjaan, keyakinan, warna kulit maupun agama.
  2. Pendidikan diselenggarakan sebagai satu kesatuan yang sistemik dengan sistem terbuka dan multimakna. | Perpustakaan  diselenggarakan dengan sistem terpadu yang terkontrol. Perpustakaan dilayankan dengan fleksibel, melalui perangkat ICT yang sekarang berkembang pesat memungkinkan perpustakaan digital dapat diakses kapanpun dan dimanapun.
  3. Pendidikan diselenggarakan sebagai suatu proses pembudayaan dan pemberdayaan peserta didik yang berlangsung sepanjang hayat. | Perpustaakaan merupakan suatu lembaga yang memiliki peran sebagai tempat belajar sepanjang hayat.
  4. Pendidikan diselenggarakan dengan memberi keteladanan, membangun kemauan, dan mengembangkan kreativitas peserta didik dalam proses pembelajaran. | Pustakawan mengajarkan pemustaka untuk patuh terhadap tatatertib, dan membimbing pemustaka yang memerlukan bimbingan pencarian informasi.
  5. Pendidikan diselenggarakan dengan mengembangkan budaya membaca, menulis, dan berhitung bagi segenap warga masyarakat. | Perpustakaan dulunya berdirian dengan tujuan untuk memberantas angka buta huruf di Indonesia, namun seiring dengan perkembangan zaman tujuan tersebut berganti dengan penumbuhan minat baca rakyat Indonesia.
  6. Pendidikan diselenggarakan dengan memberdayakan semua komponen masyarakat melalui peran serta dalam penyelenggaraan dan pengendalian mutu layanan pendidikan. | Perpustakaan melakukan evaluasi pelayanan  secara rutin untuk meningkatkan kualitas layanannya kepada semua pemustaka. Dalam hubungannya dengan masyarakat perpustakaan dapat melakukan berbagaimacam kegiatan yang memberdayakan masyarakat sekitar, semisal pentas seni, bazar, seminar, atau pelatihan.
3. Apa beda pendidikan khusus dan layanan pendidikan khusus, masing-masing untuk siapa?

A. Pendidikan khusus merupakan pendidikan bagi peserta didik yang memiliki tingkat kesulitan dalam mengikuti proses pembelajaran karena kelainan fisik, emosional, mental, sosial, dan/atau memiliki potensi kecerdasan dan bakat istimewa. 

B. Pendidikan layanan khusus merupakan pendidikan bagi peserta didik di daerah terpencil atau terbelakang, masyarakat adat yang terpencil, dan/atau mengalami bencana alam, bencana sosial, dan tidak mampu dari segi ekonomi. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar