RENCANA PERKULIAHAN SEMESTER
Matakuliah : Pengembangan Perpustakaan sebagai Sumber Belajar
Kode Matakuliah : NKPD522
Sks/Js : 3/ 3
Offering : KP/KP
Dosen Pembina : Dr. Kusubakti Andajani, M.Pd
Tujuan Perkuliahan :
Setelah mengikuti perkuliahan ini diharapkan mahasiswa memiliki wawasan terkait konsep dasar, prosedur perancangan, model dan pola manajemen, pengorganisasian dan kelembagaan, pengembangan pelayanan kelembagaan, sarana dan prasarana, dan evaluasi perancangan pusat sumber belajar.
Deskripsi Materi :
1. Konsep Dasar Pusat Sumber Belajar
2. Pengelolaan Pusat Sumber Belajar
a. Prosedur Perancangan Pusat Sumber Belajar
b. Pengorganisasian dan Kelembagaan Pusat Sumber Belajar
c. Personalia dan Pengelolaan Pelayanan Pusat Sumber Belajar
d. Sarana dan Prasana Pusat Sumber Belajar
e. Pengembangan Pelayanan Kelembagaan
f. Model dan Pola Manajemen Pusat Sumber Belajar
3. Pengembangan Program Pusat Sumber Belajar Berbasis TIK
Metode Perkuliahan :
• Brainstorming
• Diskusi
• Penugasan
• Proyek Kerja
Jadwal Perkuliahan :
Matakuliah : Pengembangan Perpustakaan sebagai Sumber Belajar
Kode Matakuliah : NKPD522
Sks/Js : 3/ 3
Offering : KP/KP
Dosen Pembina : Dr. Kusubakti Andajani, M.Pd
Tujuan Perkuliahan :
Setelah mengikuti perkuliahan ini diharapkan mahasiswa memiliki wawasan terkait konsep dasar, prosedur perancangan, model dan pola manajemen, pengorganisasian dan kelembagaan, pengembangan pelayanan kelembagaan, sarana dan prasarana, dan evaluasi perancangan pusat sumber belajar.
Deskripsi Materi :
1. Konsep Dasar Pusat Sumber Belajar
2. Pengelolaan Pusat Sumber Belajar
a. Prosedur Perancangan Pusat Sumber Belajar
b. Pengorganisasian dan Kelembagaan Pusat Sumber Belajar
c. Personalia dan Pengelolaan Pelayanan Pusat Sumber Belajar
d. Sarana dan Prasana Pusat Sumber Belajar
e. Pengembangan Pelayanan Kelembagaan
f. Model dan Pola Manajemen Pusat Sumber Belajar
3. Pengembangan Program Pusat Sumber Belajar Berbasis TIK
Metode Perkuliahan :
• Brainstorming
• Diskusi
• Penugasan
• Proyek Kerja
Jadwal Perkuliahan :
Pertemuan
|
Materi
|
Metode
|
I
|
Pengantar
Perkuliahan
(+
penugasan observasi terhadap Pusat Sumber Belajar)
|
Brainstorming
|
II
|
1.
Konsep Dasar Pusat Sumber Belajar
2.
Perpustakaan sebagai Pusat Sumber Belajar
|
Brainstorming
|
III
|
1.
Prosedur Perancangan Pusat Sumber Belajar
2.
Pengorganisasian dan kelembagaan Pusat Sumber
Belajar
3.
Personalia dan Pengelolaan Pelayanan Pusat Sumber
Belajar
4.
Sarana dan Prasana Pusat Sumber Belajar
5.
Pengembangan Pelayanan Kelembagaan
6.
Model dan Pola Manajemen Pusat Sumber Belajar
|
Brainstorming
|
IV
|
Laporan Hasil Observasi terhadap Pusat Sumber Belajar
|
Diskusi
|
V
|
Laporan
Hasil Observasi terhadap Pusat Sumber Belajar
|
Diskusi
|
VI
|
Laporan
Hasil Observasi terhadap Pusat Sumber Belajar
|
Diskusi
|
VII
|
Perancangan
Agenda Perpustakaan Sekolah sebagai Pusat Sumber Belajar
|
Brainstorming
|
VIII
|
Praktik
Blogging
1.
Konsep Dasar Blogging
|
Workshop
|
IX
|
2.
Pengenalan Aplikasi Pendukung Pembuatan Blog
|
Workshop
|
X
|
3.
Pengenalan Aplikasi Pendukung Pembuatan Blog
|
Workshop
|
XI
|
4.
Perancangan Blog
a.
Pembuatan Blog Dasar
|
Workshop
|
XII
|
b.
Pembuatan Menu Utama dalam Blog
|
Workshop
|
XIII
|
c.
Pembuatan Widget
(menu penunjang) dalam Blog
|
Workshop
|
XIV
|
d.
Pengaplikasikan Koleksi Pustaka Online dalam Blog
|
Workshop
|
XV
|
e.
Pengaplikasian Rancangan Agenda Perpustakaan Sekolah
ke dalam Blog
|
Workshop
|
XVI
|
f.
Blog Walking
|
Workshop
|
Penilaian
-
Kehadiran (10%)
-
Keaktifan (10%)
-
Tugas I (20%)
-
Tugas II (20%)
-
Tugas III (40%)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar